Feb 18, 2009

My.Settings, Media Penyimpanan Konfigurasi Aplikasi .NET Gaya Baru


Topik :: Pemrograman - Programming
Spesifik :: My.Settings
Tools :: VB.NET 2005 Pro
Tujuan :: Media mudah untuk konfigurasi aplikasi




Potensi VB.NET sebagai bahasa pemrograman gaya baru, memang sangat menjanjikan. Kali ini di dalam topik media penyimpanan konfigurasi aplikasi yang mudah dan tidak menyusahkan. Fully easy-to-access, dan sangat komparabel!

Kalau di jaman dahulu kit
a menyimpan konfigurasi aplikasi di dalam sebuah file INI, atau INF, atau tersimpan di dalam CNF, atau mungkin teknologi yang lebih baru dari INI, yaitu Registry. File INI bisa dibuka dengan memanggil API WritePrivateProfileString dengan berbagai atribut yang dimiliki fungsi tersebut. Bisa dibilang, teknologi INI ini masih sering digunakan oleh programmer baru, meski sudah menggunakan VB.NET sekalipun. Kemudian muncul ide menggunakan Registry. Registry ini sudah ada sejak Windows 3.1 muncul. Kesulitan menggunakan Registry selalu ada, baik itu harus mendeklarasikan handle dari Registry tersebut. Baru kita bisa melakukan perubahan di registry. It's always a better way to use registry, baik kita sendiri mengenkapsulasi fungsi-fungsi akses ke registry menjadi satu Class, atau menggunakan Class yang sudah disediakan oleh NET Framework, yaitu Microsoft.Win32.Registry.

Sekarang? Jauh leb
ih mudah menggunakan My.Settings, suatu class yang sudah disediakan VB.NET 2005 untuk menyimpan konfigurasi aplikasi yang nantinya disimpan dalam app.config. Tidak perlu deklarasi ini itu, tinggal pakai, tinggal Set value, tinggal Get value, selesai.

But how? Peace of Cake!

Expand tree "My Project" di dalam project aplikasi, nanti akan menemukan "Settings.settings" yang merupakan deklarasi class My.Settings. Klik 2x pada "Settings.settings". Nanti akan muncul isi dari "Settings.settings", bisa ditambahkan berbagai macam variable yang bisa dibaca aplikasi pada saat runtime.

Just a simple step, definisikan, kemudian gunakan! Di dalam gambar ke 3, kode untuk menyimpan settings ke dalam App.Settings. Dan gambar ke 4, kode untuk mengambil settings dari App.Settings untuk digunakan dalam aplikasi.

How Easy!